Rumah Rapi, Pikiran Rapi

Rumah berantakan akan mempengaruhi semua-nya menjadi berantakan juga. Jangan pernah menganggap remeh pengaruh dari rumah yang rapi dan bersih. Rumah yang tertata dan rapi akan memiliki pengaruh positif pada kesejahteraan, hubungan keluarga, dan suasana hati. Tapi kebiasaan tinggal di rumah yang berantakan, itu cukup sulit untuk di hilangkan.

Mengapa rapi itu penting?

Kekacauan menciptakan kekacauan

Jika kita sering di kelilingi ruangan yang berantakan dan kacau, maka pikiran kita akan mulai meniru ruangan itu. Mulailah mengumpulkan dan menata barang dan kertas2 yang bertebaran. Letakkan dalam satu wadah sehingga tampak rapi.

Stress muncul dari rumah yang berantakan

Dikelilingi barang2 yang berserakan membuat pikiran stress. Stress yang sebenarnya tidak perlu. Jika barang2 itu tertata rapi, maka pikiran kita akan menjadi lega dan bahagia.

Hubungan antar keluarga jadi buruk

Rumah berantakan, membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis. Akan muncul kata2 saling menyalahkan karena ruangan yang berantakan membuat kita sulit beraktifitas dan sulit mencari barang. Hal itu akan menguras energi dan emosi jadi meningkat.

Anak-anak belajar kebiasaan buruk

Kita tidak ingin anak-anak mengikuti kebiasaan buruk. Sejak usia dini ada baiknya menanamkan cara hidup yang rapi. Jika rumah Anda terus-menerus berantakan, anak-anak akan kesulitan menemukan mainannya dan menikmati lingkungan rumahnya sebagaimana seharusnya. Bagaimana anak-anak dapat bermain di lingkungan yang berantakan?

Kita akan merasa malu

Rumah yang berantakan membuat kita malu jika ada tamu berkunjung. Membuat kita minder dan tidak percaya diri. Kita tidak ingin kebiasaan berantakan, memengaruhi persahabatan dan kehidupan sosial. Jadi membersihkan rumah akan berdampak positif pada aspek-aspek kehidupan sosial kita.

Pekerjaan dan Kehidupan rumah jadi sulit di bedakan

Seorang kreatif atau seseorang yang sering bekerja dari rumah, akan sangat sulit untuk berkonsentrasi saat dikelilingi oleh kekacauan. Kita tidak akan pernah merasa terinspirasi setelah seharian bekerja keras jika terus-menerus berpikir untuk membereskan rumah. Kita akan kehilangan waktu kerja yang berharga karena banyak hal yang harus dilakukan di rumah.

Sulit untuk merasa rileks dan lega di lingkungan yang berantakan

Rumah haruslah menjadi tempat perlindungan yang tenang dan membuat rileks. Kita tidak akan pernah bisa tidur nyenyak jika dikelilingi oleh kekacauan dan kegilaan sepanjang waktu!

Rapikan rumah, rapikan pikiran

Anda dapat menyesuaikan gaya hidup Anda untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan bebas kekacauan. Pada awalnya kita mungkin berpikir bahwa merapikan dan mengatur ruangan adalah pekerjaan yang sangat menguras waktu dan tenaga, tetapi kita dapat menumbuhkan aktifitas kecil ke dalam rutinitas sehari-hari dan itu akan segera menjadi kebiasaan. Pikirkan alasan yang disebutkan di atas untuk memotivasi Anda dan Anda akan segera memiliki rumah yang rapi serta pikiran yang rapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *